Senin, 06 Mei 2013

Kelebihan dan kerugian menggunakan blogger

BloggerApakah anda sudah siap untuk mulai membuat blog? jika jawabannya adalah IYA maka anda harus mulai membiasakan diri terlebih dahulu menggunakan platform untuk menulis blog.
Pada saat ini banyak platform blog yang bisa anda gunakan, akan tetapi saya hanya merekomendasikan 2 (dua) platform bagi anda yang baru mulai menulis blog yaitu blogger dan wordpress. Blogger dan wordpress saat ini juga merupakan platform yang banyak digunakan oleh blogger baik untuk blog pribadi maupun untuk blog komersil. Masing-masing baik blogger dan wordpress memiliki kelebihan dan kekurangan.
Dalam artikel kali ini saya hanya akan membahas mengenai apakah itu blogger serta mengenai kelebihan dan kerugian blogger.
Blogger adalah blog platform yang memperbolehkan perorangan untuk menulis blog dengan ciri adanya tanggal pembuatan dan disusun berurut sesuai dengan tanggal pembuatan artikel. Blogger memperbolehkan pengguna untuk  membuat akun domain blog lebih dari satu dengan sub domain blogspot.
Pada awalnya Blogger mulai dilaunching oleh Prya Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 sebagai layanan blog platform gratis bagi pengguna yang ingin membuat blog tanpa harus berlangganan domain dan hosting. Pada Februari 2003 Google membeli Blogger dan pada May 2007 operasional Blogger semuanya sudah melalui server Google.
KELEBIHAN BLOGGER
1. Gratis domain dan hosting oleh Google
Kelebihan yang pertama dari Blogger adalah menyediakan layanan blog platform yang gratis mulai dari domain dan hosting. Anda bisa memilih nama domain sesuai dengan pilihan anda dan diakhiri dengan sub domain blogspot. Misalnya anda memilih nama domain “sewa ruang rapat”, maka anda dapat memilih nama domain “sewaruangrapat.blogspot.com”.
2. Mudah untuk digunakan oleh pemula
Kelebihan kedua dari Blogger adalah sangat mudah untuk digunakan oleh pemula yang belum pernah mengerti dan bahkan belum pernah menulis blog sekalipun. Menu-menu dan fitur yang ada sangat mudah untuk dimengerti, anda tinggal memilih dan meletakan di posisi yang anda inginkan, bahkan untuk melakukan suatu perubahan tampilan dari blog anda tidak perlu mahir bahasa pemograman tertentu.
3. Mudah untuk melakukan customisasi HTML/CSS
Jika anda memang sudah mengerti mengenai html dan css maka dengan menggunakan blogger akan menjadi lebih mudah dan bisa melakukan customisasi agar blog anda terlihat lebih profesional. Bagi anda yang tidak mengerti bahasa pemograman anda bisa mencari di internet yang menyediakan ribuan tampilan blogger untuk anda gunakan.
4. Dimiliki oleh Google
Blogger dimiliki oleh Google sehingga sudah didesain sesuai dengan kebutuhan Google sehingga juga akan memudahkan anda dalam rangka SEO dan berhubungan dengan fitur yang lain seperti Youtube dan Google Adsense.
5. Bebas digunakan untuk pribadi dan bisnis
Kelebihan yang lain dari blogger adalah anda bisa menggunakannya untuk membuat blog pribadi dan juga bisnis. Berbeda dengan blog platform lain, Blogger memberi kebebasan dalam menaruh iklan-iklan dan Google Adsense yang biasanya berupa html dan java script.
KEKURANGAN BLOGGER
1. Nama domain selalu berakhiran blogspot.com
Kekurangan dari Blogger adalah memiliki nama akhiran blogspot.com dalam setiap nama domainnya. Jika untuk keperluan blog pribadi tidak bermasalah, akan tetapi akan tidak cocok jika digunakan untuk bisnis karena sudah tentu akan mengurangi prestise dan branded dari bisnis anda.
2. Tidak bisa menambah fitur lain
Meskipun untuk menggunakan fitur di Blogger sangat mudah, akan tetapi anda hanya bisa menggunakan fitur yang anda dan tidak bisa menambah fitur yang lain jika ternyata fitur yang ada belum memenuhi keinginan anda.
Saya sendiri mempergunakan Blogger untuk beberapa blog saya karena Blogger sangat cocok jika anda ingin menambah penghasilan anda melalui Google Adsense. Mengapa cocok? karena Blogger dan Google Adsense sama-sama milik Google sehingga kemudahan fitur di Blogger akan mendukung jika anda memanfaatkan Google Adsense untuk menambah penghasilan anda.
Hampir semua blog saya di Blogger saya berdayakan untuk menambah pundi-pundi dollar saya melalui Google Adsense. Sebagai contoh anda bisa melihat blog saya yang baru saya saja buat di blogger yaitu wacth-kids-movie-online.blogspot.com. Dalam blog ini saya meletakan Google Adsense pada header dan sidebar dalam blog dan menggunakan template blog yang saya temukan di internet serta membuat header image sendiri agar terlihat lebih sesuai dengan tema blog yaitu kids movie.
Demikian artikel mengenai apa itu Blogger dan kelebihan dan kekurangan Blogger semoga bermanfaat untuk anda semua dalam rangka membuat dan menulis blog untuk bisnis online anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar